Kamis, 24 Januari 2019

Begini Alasan Ratusan Juta Pekerja Beralih Profesi Akibat Perkembangan Teknologi

Menteri Penelitian serta Tehnologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, mengatakan karena revolusi industri 4.0, juta-an pekerja mesti alami pergeseran profesi. Karena tenaga manusia sekarang mulai tergantikan dengan digitalisasi.

"Sebab perubahan industri 4.0, sekitar 75 juta sampai 375 juta orang berlangsung pergeseran pekerjaan," katanya di Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Baca Juga: internet

Nasir menuturkan, pekerjaan yang teralihkan sebab perubahan tehnologi yaitu buruh pabrik digantikan tenaga mesin. Diluar itu, pekerja di gerbang tol pun terserang imbas dengan skema pembayaran dengan elektronifikasi.

Kemenperin Naikkan Kompetensi SDM Industri Ketenagalistrikan
KAI Daop I Targetkan Volume Angkutan Logistik Raih 5,6 Juta Ton

Artikel Terkait: sejarah perkembangan internet

"Tol dahulu tiap-tiap gate itu ada 15-20 orang. Jika ada 1.000 gate di Indonesia bermakna dapat ada 20 ribu pekerja. Jika semua bertukar ke elektronifikasi, bermakna mereka akan berubah kerjaannya," tuturnya.

Lalu, lanjut Nasir, peranan penjaga toko pun tergantikan karenanya ada e-commerce. Toko online membuat kedatangan toko fisik tidak dibutuhkan, yang berarti kurangi tenaga kerja.

"Belum juga permasalahan hubungan pertokoan serta supermarket yang alami penutupan. Ini akibatnya karena revolusi industri yang cepat," pungkas ia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar