Kamis, 24 Januari 2019

Alasan OJK Ajak Stakeholder Optimalkan Perkembangan Teknologi

Menurut Sukarela, untuk fintech, sebuah aturan hanya dibuat berdasarkan pokok atau prinsip saja. Sebab, perkembangan fintech sangat cepat, tidak seperti model bisnis perbankan yang cenderung lambat. "Kami ingin berikan ruang kepada industri untuk mengembangkan kebijakan yang lebih tepat untuk industrinya masing-masing," ujarnya.

Baca Juga: sistem operasi

Prinsip kedua, market conduct. Artinya, OJK menjadi pihak yang bertanggung jawab dan memiliki kapabilitas agar fintech beroperasi dengan baik. Caranya, mewajibkan mereka untuk melakukan transparansi dan memberikan edukasi kepada konsumen.

Artikel Terkait: contoh stakeholder

Berikutnya, customer protection yang juga menjadi prinsip dasar untuk fintech maupun lembaga jasa keuangan incumbent. Keempat, inovasi bagaimana regulator juga terlibat, khususnya dalam membangun ekosistem.
Kelima, Sukarela mengatakan, regulatory sandbox yang menjadi live laboratory bagi OJK untuk mengobservasi perilaku fintech. Baik itu dari segi model maupun proses bisnisnya. "Dengan prinsip-prinsip ini, diharapkan fintech dapat lebih terarah," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar