Kamis, 18 Oktober 2018

Yuk Simak Cerita Basuki Bawono, Pelukis Nyi Roro Kidul yang Berada di Kamar 308

Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan adalah suatu mitos yg melegenda sampai saat ini. Konon, daerah Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat, berubah menjadi tempat dimana Ratu Pantai Selatan itu berdiam. Bahkan juga, suatu kamar bernomor 308 di Hotel Inna Samudra di Pelabuhan Ratu ditujukan untuk dirinya.
Baca juga : ukuran kertas folio

Pelukis tanah air, Basuki Bawono (70) , lantas memberikan suatu karya lukisnya di kamar itu.

" Lukisan yg berada pada Samudra Beach Hotel di kamar 308 itu satu salah satunya punyai saya. Saya punyai sembilan lukisan Nyi Roro Kidul. Yg saya sumbangkan ke kamar cuma satu, " papar Basuki terhadap TribunJakarta. com kala mengunjungi pameran " Spirit Potret " di Museum Basuki Abdullah, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2018) .
Artikel Terkait : Kertas A4

Tetapi, lanjut Bawono, karya lukisnya yg ada di kamar itu tidaklah yg asli. Lukisan asli Nyi Roro Kidul dia taruh serta pajang di tempat tinggalnya. " Yg asli ada dalam rumah saya, bila itu repro. Jadi saya poto lantas di-print di kanvas. Ukurannya 1 mtr. x 20, " katanya.

Sebelumnya, Bawono coba melukis Nyi Roro Kidul serta menunjukkannya ke pihak hotel. " Sebelumnya saya cuma buat lantas saya poto sebesar ukuran kertas folio, saya kasih tunjuk ke pihak hotel. Namun gak lama, pihak hotel telpon saya mohon yg asli. Lantas saya buatkan yg repro serta disumbangkan ke kamar itu, " ungkapnya.

Basuki Bawono menyatakan melukis adalah aktivitas yg dia jalani sejak mulai tahun 2000 lalu. " Saya melukis awal itu tahun 2000. Awal melukis langsung buat lukisan Nyi Roro Kidul, " makin ia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar